Pelatihan Literasi Keuangan dan Pemasaran di Kelurahan Bandengan


Telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Literasi Keuangan dan Pemasaran pada UKM “Wanita Telang Mandiri” Kelurahan Bandengan Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan pada Hari Kamis tanggal 4 Nopember 2022 bertempat di Aula Balai Desa Bandengan Kota Pekalongan. Acara ini terselenggara berkat kerjasama FEB Unikal dengan Kelurahan Bandengan Kota Pekalongan dan didanai oleh LPPM Unikal

Desa Bandengan merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Pekalongan, yang mempunyai potensi desa yang perlu dikembangkan lebih lanjut yaitu “Bunga Telang”, yang telah diolah menjadi Produk Teh Bunga Telang
Namun UKM tersebut masih minim pengetahuan terkait dengan Literasi Keuangan dan Pemasaran.
Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang tergabung dalam UKM Wanita Telang Mandiri dalam pengetahuan keuangan seperti : cara menghitung harga pokok penjualan, mekanisme pembiayaan modal usaha dan Literasi Pemasaran seperti : strategi packaging, optimalisasi foto produk, dan Strategi Digital Marketing. Semoga kegiatan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan omset penjualan Teh Bunga Telang

Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB, bertindak sebagai pembawa acara dan moderator Arina Sa’adah (Mahasiswa FEB Unikal). Acara pertama yaitu Sambutan dari Bapak Mohammad Abidin, A.Md, selaku Kepala Kelurahan Bandengan, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini, semoga dengan pelatihan ini akan dapat meningkatkan ketrampilan UKM dalam hal keuangan dan pemasaran di era digital

Pembukaan Acara
Foto Bersama
Sambutan Kepala Kelurahan Bandengan

Acara dilanjutkan dengan Penyampaian materi oleh para narasumber. Narasumber yang pertama adalah Ibu Zahro, S.E., M.Si, beliau memaparkan materi tentang Strategi Produk agar dibeli Konsumen, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya Pembelian diantaranya : orang dengan segala keinginannya, daya beli masyarakat, dan kemampuan untuk membelanjakannya

Penyampaian materi “Strategi Produk”

Narasumber kedua adalah Ibu Anggrainy Putri A, S.E., M.Si, beliau menyampaikan materi tentang bagaimana cara menghitung dan menentukan harga pokok penjualan selanjutnya materi tentang mekanisme pembiayaan dari Bank dan Lembaga Keuangan

Penyampaian materi “Perhitungan HPP”
Penyampaian materi “Bank dan Lembaga Keuangan”

Materi berikut nya adalah tentang Literasi Pemasaran, Narasumber berikutnya adalah Bapak Dr. Danang Satrio, S.E., M.M, beliau memaparkan materi tentang Strategi Packaging dan Kemasan, bagaiamana agar konsumen tertarik membeli produk kita dengan melihat kesan pertama yaitu kemasan. Kemasan juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. dilanjutkan dengan materi tentang “Strategi Foto Produk”, bagaimana kita dapat mengoptimalksan HP untuk menghasilkan foto produk yang menarik konsumen

Penyampaian Materi “Strategi Packaging dan Kemasan”
Praktikum “Foto Produk” dengan menggunakan HP

Narasumber selanjutnya adalah Bapak Ari Muhardono, S.Kom., M.Kom., beliau menyampaikan materi tentang Strategi Digital Marketing. Perlu dilakukan sebuah perencanaan digital marketing yang optimal seperti melakukan analisis permintaan, analisis pesaing, bauran pemasaran, strategi konten. dilanjutkan dengan tips bagaiamana mengoptimalksan social media untuk mendukung digital marketing

Penyampaian materi “E-Marketing Plan”
Penyampaian materi “Social media Marketing”

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab secara panel. dan selesai pada Pukul 12.30 WIB. Semoga acara ini bermanfaat.